Cara Mengecilkan Perut

Posted: February 9, 2012 in Kesehatan

Sudah bukan rahasia lagi kalau setiap orang pasti menginginkan tubuh yang ideal. Proporsi antara tinggi badan dan berat badan seimbang. Btw, emang tubuh yang ideal itu yang seperti apa sih? Untuk hal ini,tentunya tiap orang punya ukuran sendiri-sendiri dalam menentukannya. Tapi, apa salahnya kita mencoba menggunakan rumus yang biasa digunakan para ahli kesehatan dalam menghitung berat badan maksimum yang ideal. Rumusnya adalah {(tinggi badan)-100}x90%. Sebagai misal tinggi badan anda 160 cm dan berat badan 60 kg, maka hitungannya adalah sebagai berikut.

(160-100) X 90% = 54Berdasarkan rumus tersebut, dapat dikatakan berat badan anda sedikit berlebih, yaitu kelebihan 6 kg dari standar berat badan ideal 54 Kg.

cara mengecilkan perut supaya ideal

“(Mungkin anda juga perlu membaca tips cara meninggikan badan juga latihan untuk meninggikan badan)”

Nah, kini kita kembali ke topik awal yaitu bagaimana cara mengecilkan perut? Mungkin anda sekarang memiliki masalah perut yang buncit dan lemak yang menggantung di perut. :D Tapi, anda bingung bagaimana cara menghilangkannya secara alami dan tepat atau latihan apa saja yang perlu dilakukan agar memiliki perut yang langsing.

Mungkin selama ini anda pernah atau bahkan sering mendapat nasihat agar rutin melakukan olahraga sit up untuk mengecilkan perut dan membentuk perut six pack. Tapi, yakinkah anda bahwa cara ini akan efektif bagi anda? Berdasarkan referensi yang saya baca, olahraga sit up adalah mempunyai manfaat mengencangkan otot perut dan membuat perut menjadi kencang dan rata. Jadi, jika di perut masih terdapat timbunan lemak maka langkah yang peling tepat adalah dengan menghilangkan lemak yang terdapat di perut terlebih dahulu.

Bagaimana caranya? Salah satu olahraga yang paling sesuai untuk ini adalah olahraga lari, atau bila anda malas bisa juga dilakukan di dalam ruangan menggunakan treadmill. Selain itu, jenis olahraga aerobik lainnya juga efektif untuk membakar lemak.

Berikut ini adalah beberapa cara lain yang bisa dilakukan untuk membakar lemak. Melakukan aktifitas berikut selama 30 menit dapat membakar kalori sebanyak :

· Berjalan Cepat : 156 kalori
· Bersepada : 195 kalori dengan kecepatan 9,5 mil/jam
· Berkebun : 105 kalori dan bila Anda mencangkul atau menggali : 246 kalori
· Mendaki : dengan beban di punggung seberat 5 kg : 252 kalori, tanpa beban di punggung : 237 kalori
· Bermain Tenis : 213 kalori
· Berenang : dengan gaya bebas : 120 kalori, gaya kupu-kupu lebih dari 315 kalori
· Menggunting Rumput Dengan Mesin : 219 kalori
· Bermain Voli : 99 kalori
· Mencuci Mobil : 135 kalori

Begitulah langkah yang tepat untuk cara mengecilkan perut. Dimulai dengan menghilangkan lemak terlebih dahulu baru kemudian melakukan olahraga sit up untuk membentuk perut yang kencang dan six pack. Bisa juga dibarengi dengan mengkonsumsi obat tradisional yang banyak beredar di pasaran ataupun obat-obatan modern asal sesuai dosis dan dengan anjuran dokter.

Referensi :
http://mylighter.multiply.com/journal/item/53
– berbagai sumber

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s