Tangkahan

Posted: November 11, 2011 in Sarana Prasarana

zwani.com myspace graphic comments

zwani.com myspace graphic comments

Tangkahan adalah salah satu objek wisata ekologi yang berada di kawasan nasional gunung Leuser. KNGL (Kawasan Nasional Gunung Leuser terletak di 2 propinsi yaitu Nangroe Aceh Darussallam dan Sumatera Utara.  Gue akan menceritakan petualangan gue bersama teman – teman ke Tangkahan ini. Kami berangkat dari Tg. Morawa menuju Tangkahan jam 8.00 WIB pada hari Sabtu 15 Oktober 2011, Kebetulan kami semua belum pernah ke Tangkahan, namun berbekal ilmu orang tersesat yaitu” bertanya” kami selalu bertanya di setiap perjalanan. Terlebih setelah melewati Binjai dan Stabat. Jalan menuju kawasan Tangkahan benar – benar penuh tantangan keluar masuk perkebunan karet dan kelapa sawit dimana tidak ada rumah penduduk.  Dan moment yang menegangkan saat kami melewati sungai kecil yg tidak ada jembatannya….seru dech!..

Perjalanan kami ke Tangkahan menempuh waktu 3,5 jam dari Medan. Lumayan capek juga yg nyopir. Kebetulan saat berangkat yang mengemudi teman gue, nah gue kebagian pulangnya. Pegel euyyy…jalannya  penuh bebatuan kaya naik kuda. Saat di perkebunan kelapa sawit bahan bakar mobil kami menipis…lupa di isi saat di kota Stabat. Kami sudah khawatir jika tidak SPBU di sekitar, maklum di tengah perkebunan sawit yang luasnya ribuan hektar. Hmmm….akhirnya kami menemukan yang jual bensin dan solar, bukannya SPBU tapi warung kecil.

Setiba di lokasi Tangkahan sungguh gue terkesima dengan eksotis alam yang masih alami…udara segar dan suara hewan – hewan hutan menggema. Untuk menuju lokasi kita menyeberangi sungai dengan getek drum. Air sungainya jernih sekali tetapi sangat deras dan dalam, dan bisa langsung diminum…hmmm segerrrrr.

Perlu di ketahui Tangkahan terkenal dengan tempat pemandian Gajah. Ada sekitar 7 Gajah yang ada di sana. Gajah – gajah tersebut di fungsikan untuk menjaga kelestarian hutan dan berpatroli mengelilingi kawasan bersama petugas setempat. Wah….wah..ternyata kami tidak sendiri di sana, banyak juga bule – bule di sana. Kami berkumpul dengan mereka dan berbincang bincang mengenal segala hal. Mereka kebanyakan berasal dari Jerman, mereka sangat menyukai petualangan alam.

zwani.com myspace graphic comments

Di Tangkahan terdapat air terjun dan air panas. Untuk air terjun kita menyusuri sungai dan masuk ke anak sungai, sedangkan air panasnya ada di gua kecil di pinggir sungai. Sebelah tempat air panas ada gua kecil juga yg di dalamnya banyak sekali kelelawar.

Kami bermalam di sana dan menikmati suasana malam dengan bermain gitar bersama penduduk setempat yang ramah dan baik. Padahal saat pertama kali melihat mereka wajah dan tingkah lakunya terlihat sangar dengan rambut panjang gimbal…ehhh..ternyata asik juga cuy buat temen tongkrongan.

Untuk lebih mengenal Tangkahan ini gue kasih photo – photo lainnya saat gue jadi “Bolang”

zwani.com myspace graphic comments

Catatan Harian Bang Eky (15 Oktober 2011)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s